Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, Rute dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto: @@tenia_desvia12

Salah satu wisata yang paling terkenal di Sukabumi adalah pantai pelabuhan ratu, banyak orang yang mampir atau rest di pinggiran pantai yang henda ke banten. Rute dari pusat kota menuju pantai juga terbilang mudah dan sudah jelas papan petunjuknya sehingga kamu yang awam SMI juga bisa sampai ke pelabuhan ratu.

Sebelum banyak bermunculan tempat wisata baru yang kekinian, Pelabuhan Ratu adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal tidak hanya di Jawa Barat tapi juga di Indonesia. Selain memiliki pemandangan pantai yang indah dengan ombak yang besar, Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal dengan mitos Ratu Pantai Selatannya sama dengan mitos yang ada di Pantai Parangtritis di Yogyakarta.

Read More

Hingga sekarang pun Pantai Pelabuhan Ratu masih jadi tempat wisatanya pengunjung ketika datang ke Jawa Barat karena di sekitar pantai ini pun sudah dibuka pantai-pantai baru bahkan terdapat banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi berselancar.  Pantai paling banyak dikunjungi selain pantai ini ada pantai ujung genteng, sawarna dan karanghawu. Berencana untuk main ke Sukabumi? Ini dia informasi mengenai Pantai Pelabuhan Ratu yang wajib diketahui.

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu ada di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat sekitar 60 km ke selatan dari Kota Sukabumi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum seperti bus. Untuk jalur kendaraan pribadi yang bisa diambil, jika berangkat dari Jakarta bisa mengambil Tol Jagorawi keluar di Ciawi kemudian menuju ke arah Cicurug. Sedangkan jika berangkat dari Bandung bisa mengambil Tol Purbaleunyi keluar di Padalarang lalu menuju ke arah Cipatat. Apabila Anda menggunakan kendaraan umum bus yang berangkat dari Bandung, perjalanan dimulai dari Terminal Leuwi Panjang dengan bus jurusan Bandung – Sukabumi kemudian turun di Terminal Sukabumi lalu cari bus jurusan Pelabuhan Ratu.

Galery Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi:

Foto: @windiawulandari
Foto: @dronesia45
Foto: @harie_potter
Foto: @ytisusilawati
Foto: @azizmaa

Aktivitas di Pantai Pelabuhan Ratu

Aktivitas di Pantai Pelabuhan Ratu mencapai puncaknya di akhir pekan dan ketika hari libur di mana masyarakat sekitar akan datang ke pantai untuk menikmati pemandangan pantai yang dilengkapi dengan batu karang serta pohon-pohon kelapa yang berada di sisi-sisi pantai. Karena ombaknya yang cukup besar maka tidak disarankan bagi pengunjung untuk mandi atau berenang di pantai. Pantai Pelabuhan Ratu juga menjadi tempat yang asyik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam di matahari akan nampak menghilang di balik dinding bukit dan bisa jadi latar belakang foto yang cantik.

Selain menikmati pemandangan pantai, karena ombak pantai selatan yang cukup besar, Pantai Pelabuhan Ratu juga banyak dikunjungi oleh para peselancar. Ada 9 titik di Pelabuhan Ratu yang dijadikan para peselancar untuk bermain dengan ombak yaitu di lokasi yang bernama Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh, dan Ujung Genteng. Sesekali nampak wisatawan asing yang ingin merasakan sendiri ombak Pelabuhan Ratu untuk dikendarai menggunakan papan selancarnya.

Harga tiket masuk dan fasilitas yang tersedia

Pantai Pelabuhan Ratu adalah tempat wisata rakyat dan meski sudah ada hotel bertaraf internasional yang dibangun dekat dengan bibir pantai, harga tiket masuk ke pantai masih sangat murah hingga sekarang. Per orang hanya dikenai biaya Rp 2.000 – Rp 3.000 plus biaya parkir. Untuk sepeda motor dikenai biaya Rp. 3.000 per motor, untuk mobil Rp 12.000, dan untuk bus rombongan sebesar Rp. 22.000.

Sedangkan fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap mulai dari restoran dan warung-warung makan, ada juga taman bermain untuk anak-anak, mushola, tempat parkir yang lebih luas, dan fasilitas lainnya. Pantai Pelabuhan Ratu juga sudah dilengkapi dengan pengawas dari tim SAR untuk menjaga keamanan dan mengawasi keselamatan pengunjung. Bagi yang ingin menginap di sekitaran Pelabuhan Ratu juga tidak akan kehabisan pilihan akomodasi mulai dari losmen hingga hotel mewah termasuk Samudra Beach Hotel yang legendaris itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *